Wednesday 25 February 2015

Judul: DISKUSI & KORESPONDENSI KALENDER HIJRIAH GLOBAL

 Author : Prof. DR. H. Syamsul Anwar, M.A

Diskusi dan korespondensi kalender hijriah global merupakan suatu problematika yang hampir bersifat perenial di lingkungan umat Muslim, yaitu masalah sistem waktu Islam. Sampai saat ini, peradaban Islam belum memiliki sarana penata waktu yang akurat dan unifikatif. Hal inji membawa dampak terjadinya pertikaian terus menerus pada saat-saat memasuki momen-momen keagamaan yang penting seperti Ramadan, Idul Fitri dan Idul Adha, baik pada tingkat lokal maupun global. 


Sering dipertanyakan dan menjadi sebuah ironi mengapa umat Islam belum mampu membuat sebuah sistem kalender pemersatu yang dapat menampung masalah-masalah keagamaan (ibadah) dan duniawi secara sekaligus? Yang ada hanyalah kalender-kalender hijriah lokal seperti Kalender Saudi, Kalender Malaysia, Kalender Takwim standar Indonesia, bahkan Kalender Muhammadiyah, Kalender Nahdlatul Ulama, Kalender Pemersatu Islam dan banyak lainnya. Kalender-kalender ini satu sama lain saling berbeda dan yang paling penting lagi adalah kaidahnya tidak dapat menyatukan jatuhnya hari ibadah Islam seperti hari Arafah (9 Zulhijjah) pada tahun tertentu karena tidak dibuat dengan pendekatan lintas kawasan.

Buku ini hadir menyajikan gagasan-gagasan produktif menuju terwujudnya kalender Hijriah Unifikatif. Karya Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, M.A. buku yang tergolong dalam kajian ilmu falak ini berisi 330 halaman memberikan banyak wawasan informatif yang cocok untuk mahasiswa dalam bidang syariah khususnya Ilmu Falak. Buku terbitan baru Juni 2014.

No comments:

Post a Comment