Wednesday 25 February 2015

INTERKONEKSI STUDI HADIS DAN ASTRONOMI

Dalam metodologi hadis umat Islam, unsur sanad merupakan tonggak semua analisis hadis. analisis matan tidak dapat dilakukan sebelum analisis sanad dapat membuktikan otentisitas sanad hadis. setelah dapat dibuktikan bahwa sanad sebuah hadis adalah shahih baru analisis matan dilakukan. Apabila penelitian matan mengatakan hadis itu daif, maka hadis itu ditolak dan dinyatakan daif (lemah). sebaliknya jika penelitian matan menyatakan shahih, maka shahih pula lah hadis tersebut.
Buku ini berjudul "INTERKONEKSI STUDI HADIS DAN DASAR ASTRONOMI" di dalamnya membahas penelitian matan hadis, salah satunya penelitian yang diinterkoneksikan dengan astronomi. ini merupakan kajian baru dalam penelitian matan hadis, mungkin merupakan buku yang pertama dalam pendekatan ini. buku ini mampu membuktikan bahwa melalui pendekatan astronomi dapat ditunjukkan. Dalam kasus-kasus tertentu ada atau tidak nya waham rawi atau kemungkinan kekeliruan matan terutama yang berkaitan dengan angka tahun peristiwa.
Buku dengan ketebalan 228 halaman cocok bagi anda yang ingin memahami koneksi antara hadis dan dasar-dasar astronomi. output dari pada buku ini, pengarang (Prof. DR. Syamsul Anwar, MA./ guru besar UIN Yogya) ingin menyampaikan wawasan mendalam tentang sejarah, teori, dasar-dasar dan analisi hadis yang berkaitan dengan astronomi.

No comments:

Post a Comment